SUARA BUTE SARKO

UMUM

foto keluarga GM azroni

foto keluarga GM azroni
foto keluarga GM azroni

Rabu, 09 Maret 2016

Peringatan K3 Dianggap Hanya Acara Seremonial





P- Perusahaan Terkesan Lakukan Pembiaran Tidak Gunakan Safety
SUARA  BUNGO - Tingkat kecelakaan kerja dan berbagai ancaman keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Indonesia masih cukup tinggi. Berbagai kecelakaan kerja masih sering terjadi dalam proses produksi diperusahaan.

Saat memperingati Bulan K3 yang dihadiri seluruh perusahaan di Kabupaten Bungo (22/2), kemarin. Bupati Bungo Sudirman Zaini menghimbau agar setiap perusahaan mewajibkan karyawannya agar safety dalam bekerja, demi keselamatan kerja.

“Kami (Pemkab,red) hanya bisa menghimbau kepada seluruh perusahaan agar mewajibkan karyawannya bekerja menggunakan septi untuk keamanan dan keselamatan mereka,”kata Bupati Bungo saat dikonfirmasi,kemarin.

Saat ditanya, apakah ada sangsi bagi perusahaan yang tidak mewajibkan karyawannya menggunakan safety keamanan saat bekerja, Sudirman mengatakan, bahwa pihaknya hanya sekedar menghimbau tanpa ada memberi sangsi apa pun kepada pihak perusahaan.

“Untuk sangsinya bagi karyawan yang tidak menggunakan safety saat bekerja, itu kita kembalikan kepada perusahaan, apakah diberi sangsi teguran atau sangsi lain, kami sifatnya hanya melakukan himbauan kepada perusahaan,” Jelasnya.

Sementara itu, dari pantauan dilapangan, masih banyak di Kabupaten Bungo perusahan yang belum mewajibkan karyawannya menggunakan safety keselamatan dan kesehatan kerja saat melakukan aktivitasnya. Salah satu contoh yakni PT. Sawindo Perkasa yang berada di Kecamatan Pelepat.
Diperusahan tersebut terlihat hampir semua karyawan tidak menggunakan safety keamanan kerja bagi karyawan operasional dan safety kesehatan kerja untuk karyawan yang membersihkan limbah.

“Biasanya mereka pakai safety, entah tidak tahu mengapa hari ini mereka ada yang tidak menggunakan safety,”kata Batu Bara manager personalia PT. Sawindo Perkasa saat dikonfirmasi belum lama ini.(Mg1)

0 komentar:

Posting Komentar