SUARA BUTE SARKO

UMUM

foto keluarga GM azroni

foto keluarga GM azroni
foto keluarga GM azroni

Rabu, 09 Maret 2016

Pemprov Dukung Pemekaran Bungo & Tabir Raya



SUARA JAMBI - Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Irman menyatakan bahwa dirinya mendukung pemekaran Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tabir Raya. Berkaitan dengan pemekaran ini, ada dua yang sudah diusulkan dari provinsi, yang pertama pemekaran Bungo dan itu sudah sampai ke DPR, sedangkan pemekaran untuk Tabir Raya masih di Kementerian Dalam Negeri.
Hal itu disampaikan oleh Irman kepada para wartawan usai pertemuan Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dengan Jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (2/2) siang lalu.
Irman mengatakan, pertemuan tersebut menyangkut UU Nomor 23 Tahun 2014, berkaitan dengan kewenangan karena ada perubahan kewenangan. Dulunya kewenangan kabupaten sekarang menjadi kewenangan provinsi, serta membahas pemekaran (Kota Bungo dan Kabupaten Tabir Raya).
“Pemekaran inilah yang menjadi salah satu misi DPD yang prioritas. Karena begitu datang mereka langsung ke Kabupaten Merangin, ke Tabir Raya. DPD sebagai wakil rakyat, mewakili daerah, sangat concern dengan usulan pemekaran daerah,” ujar Irman.
Komite I DPD RI melihat kebutuhan riil di lapangan. “Kelihatannya dari DPD sangat mendukung karena kalau tidak dimekarkan, jangkauan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat jauh. Sehingga DPD sangat mendukung pemekaran Kabupaten Merangin menjadi Kabupaten Tabir Raya. Ada informasi terbaru lagi, ada Kerinci Ilir, sudah paripurna, kemarin kalau tidak salah, untuk mengusulkan juga pemekaran dari Kabupaten Kerinci,” lanjut Irman.
Irman mengatakan, tujuan pemekaran adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk meningkatkan efektivitas kepada masyarakat.
“Oleh karena itu, saya juga selaku Pj. Gubernur Jambi sangat mendukung, walaupun memang sering terjadi persoalan pasca pemekaran. Saya juga sudah bilang tadi, persoalan pasca pemekaran jangan dijadikan penghalang untuk pemekaran yang lain. Justru itu jadikan sebagai masukan supaya jangan terjadi masalah,” tegas Irman.
Irman berharap supaya pemekaran di Provinsi Jambi tidak ada persoalan, baik dalam pemekaran Kota Bungo, pemekaran Kabupaten Tabir Raya, maupun ada rencana terbaru, Kerinci Ilir. 
Sehari sebelumnya (Senin lalu, red), rombongan Komite I DPD RI ini telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mranigin, untuk melakukan pertemuan pembahansan usulah pemekaran Kabupaten Tabir Raya.
Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Mukowan ikut serta dalam pertemuan  dengan Pj. Gubernur Jambi dan jajaran, namun Juniwati Masjchun Sofwan, anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Jambi turut serta dalam pertemuan  bertindak sebagai ketua rombongan.(lee)

0 komentar:

Posting Komentar