SUARA BUTE SARKO

UMUM

foto keluarga GM azroni

foto keluarga GM azroni
foto keluarga GM azroni

Rabu, 09 Maret 2016

Mashuri & Apri Dilantik Bulan Juni



SUARA BUNGO – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bungo, Syarkoni Syam, memastikan pelantikan H Mashuri - Syafrudin Dwi Afrianto (Hamas-Apri) akan digelar Juni mendatang. Sebab memang masa jabatan Bupati Bungo periode 2011-2016, H Sudirman Zaini, akan berakhir pada bulan itu.

Menurut Syarkoni, kepastian ini diperoleh setelah kunjungan pihaknya Komisi I DPRD Bungo ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam kunjungan tersebut diketahui perihal jadwal pelantikan Bupati Bungo terpilih yakni sesuai dengan berakhirnya masa jabatan bupati yang lama.
‘’Karena periode SZ-Mashuri habisnya Juni, maka pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih juga dilaksanakan Juni mendatang,’’ papar Syarkoni Syam, ketika dikonfrimasi diuang kerjanya, beberapa hari lalu.
Agenda pelantikan kepala daerah, sambungnya, yang dijadwalkan oleh Kemendagri itu dibagi menjadi 3 jadwal pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2015 lalu.
Pesta demokrasi yang didaerah tersebut tidak berperkara di Mahkamah Konstitusi (MK), untuk gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik 12 Februari lalu. Sedangkan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota terpilih dilantik 5 hari sesudahnya (17/02) mendatang.
Sedangkan untuk daerah seperti Kabupaten Bungo, akan memasuki tahap ketiga. Yakni, bagi daerah yang masa jabatan bupati dan wakil bupatinya berakhir bulan Juni, maka akan dilakukan pelantikan sesuai dengan masa berakhir jabatan bupati itu.
‘’Sesuai amanat undang-undang, masa jabatan itu tidak boleh dipotong, jadi untuk Bungo dipastikan akan diproses alias dilantik serempak dengan 20-an kepala daerah yang memang masa jabatannya berakhir,” terang Syarkoni.
Meskipun pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih masih beberapa bulan kedepan, namun dirinya meminta agar masyarakat tetap mendukung program-program kerakyatan ataupun program-program yang sudah dibuat oleh bupati saat ini menjelang habis masa jabatan.
‘’Kita harap masyarakat untuk tetap mendukung pak Sudirman menjelang habis masa jabatannya. Beliau kan masih bupati. Selanjutnya, kita juga tetap bersabar menunggu pak Hamas dilantik. Sebab ini aturan, jadi tidak bisa dimundurkan dan dimajukan,’’ tutupnya. (oni)

0 komentar:

Posting Komentar