SUARA BUTE SARKO

UMUM

foto keluarga GM azroni

foto keluarga GM azroni
foto keluarga GM azroni

Rabu, 09 Maret 2016

Kapolres Diminta Berantas PETI




SUARA JAMBI - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jambi akan meningkatkan pemberantasan penambangan emas tanpa izin (PETI) tahun ini. Pemberantasan PETI tersebut mendapat prioritas karena kegiatan PETI di beberapa daerah kabupaten di Provinsi Jambi masih marak hingga kini. Kegiatan PETI di daerah tersebut juga perlu diberantas tuntas karena telah banyak merusak lingkungan Sungai Batanghari dan memakan korban jiwa. 

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Musyafak juga meminta masyarakat untuk berani melaporkan pelaku atau pendana PETI dengan bukti-bukti. Kapolda Jambi juga telah melakukan pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Jambi di Jambi, beberapa waktu lalu. 

Menurut Musyafak, berdasarkan laporan yang dia terima dari jajaran kepolisian di Jambi, maraknya PETI merupakan salah satu masalah keamanan yang perlu mendapatkan penanganan di Jambi. Namun untuk menangani masalah PETI tidak bisa dilakukan secara represif semata.

Pemberantasan PETI membutuhkan pendekatan sosial. Karena itu akar masalah maraknya PETI harus dipelajari, baru dilakukan penanganannya. “Saya mendapatkan laporan dari para Kapolres bahwa kegiatan PETI menjadi salah satu masalah kejahatan lingkungan yang masih banyak terjadi di Jambi. Karena masalah PETI ini akan menjadi salah satu prioritas dalam penanganan keamanan di Jambi tahun ini,” katanya.

Musyafak mengatakan, kasus kejahatan yang paling perlu mendapat penanganan serius di Jambi, yaitu kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba). Penanganan kasus narkoba tidak bisa lagi dilakukan dengan cara biasa atau menunggu ada laporan. Penanganan kasus narkoba harus dilakukan secara proaktif.

“Masalah narkoba sudah menjadi masalah serius secara nasional. Karena itu penanganan masalah narkoba akan kami utamakan. Para pelaku penyalahgunaan narkoba tidak akan diberi ampun,” katanya.

Brigjen Pol Musyafak juga langsung melihat kondisi PETI yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Jambi. Dia menyebutkan, untuk memberantas kegiatan PETI, para Kapolres jajaran diminta untuk memutus penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Salah atu caranya memutus penyaluran BBM-nya. Saya minta kepada Kapolres melakukan ini," ujar Brigjen Pol Musyafak. Jenderal polisi bintang satu ini menghimbau kepada pelaku PETI untuk menghentikan kegiatannya. Sebab, ini akan merugikan mayarakat banyak.  (lee)

0 komentar:

Posting Komentar