SUARA BUTE SARKO

UMUM

foto keluarga GM azroni

foto keluarga GM azroni
foto keluarga GM azroni

Rabu, 09 Maret 2016

KPU Sarolangun Dapat Dana Rp 16 M

SUARA SAROLANGUN – Meskipun pelaksanakaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) di kabupaten Sarolangun masih cukup jauh, namun sejauh ini anggaran untuk pesta demokrasi lim tahun sekali itu sudah mulai ada titik terang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sarolangun, Ahyar mengatakan bahwa sejauh ini gambaran dana untuk Pilbup 2017 sekitar Rp 16 Milyar yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sarolangun. Namun dana tersebut menurut Ahyar akan dibagi menjadi dua tahap yakni untuk tahun 2016 dan tahun 2017.

“ Tahun lalu kita memang sudah ajukan ke Bappeda 16 milyar dana Pilbup 2017 nanti, Alhamdulillah dana tersebut telah disepakati dan telah diketuk palu di DPRD Sarolangun,” terangnya.

Ahyar juga menjelaskan dana milyaran tersebut digunakan untuk pemberian gaji para Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), dan KPU dengan besaran 70 persen, sedangkan 30 persen lainnya untuk biaya tahapan pemilu yang meliputi sosialisasi dan bintek, untuk publikasi media massa, logistic surat suara dan juga untuk perjalanan dinas.

“Sudah kita rincikan memang biayanya mulai gaji pegawai, logistic, bintek, publikasi, dan juga untuk gugatan ke MK, jika ada kejanggalan kedepanya,”jelasnya.

Namun untuk tahapan pilbup ini di perkirakan akan di mulai pada bulan maret mendatang, namun masih menunggu peraturan KPU pusat, mengenai pilkada serentak kali ini, namun untuk tahapan pencalonan akan di mulai 6 bulan sebelum pemungutan suara, artinya jika dilaksanakan februari maka tahapan pencalonan akan di mulai pada bulan agustus mendatang.

“Kalau DPT Pilbup mungkin akan bertambah, dari jumlah DPT Pilgub kemarin dengan jumlah 191.700 orang, mungkin akan menjadi 193.000 orang. Sementara Tempat pemungutan Suara (TPS) nanti berjumlah 586 TPS,”pungkasnya.(mg4)

0 komentar:

Posting Komentar